Apa Yang Dimaksud Backlink
Berkualitas?
Tentunya anda sudah tahu bahwa backlink
adalah link dari website atau blog lain yang mengarah kepada blog anda.
Backlink merupakan sumber poin luar biasa untuk mendapatkan ranking di Google.
Ada beberapa parameter yang digunakan untuk memberi nilai pada sebuah backlink,
jadi mari kita lihat kriteria itu satu per satu:
Sebuah link disebut backlink jika
link tersebut dofollow. Jika nofollow, maka link itu sebenarnya sama sekali
bukan backlink. Apalagi Google akan benar-benar mengabaikan semua link dengan
rel tag nofollow dalam perhitungan poin sebuah halaman.
Di luar sana banyak isu yang
mengatakan nofollow juga memberi poin. Hanya saja setelah saya membaca
eksperimen pelempar isu ini, dan membandingkan dengan pengalaman sendiri. Saya
lebih memilih untuk memutuskan percaya kepada pernyataan Google, bahwa Nofollow
tidak akan menolong apapun dalam hal peringkat.
Backlink Berkualitas
Dari Situs Berotoritas
Ini adalah sesuatu yang tentu sangat
sulit anda dapatkan. Semakin tinggi otoritas sebuah situs semakin selektif
mereka dalam memilih rekanan link mereka. Anda akan sangat beruntung sekali
jika ada situs dengan pagerank 4 ke atas dan alexa rank 150.000 ke bawah yang
berkenan memberi link kepada anda dari berandanya, terlebih lagi pada
sidebarnya.
Backlink Berkualitas Dari Halaman Pagerank Tinggi
Paling malas kalau mendengar
seseorang mengatakan dapatkan backlink dari situs pagerank tinggi. Padahal link
itu ada di halaman yang tidak ada pageranknya. Percuma saja homepagenya PR6,
kalau link anda ada di halaman PR0 dari blog itu. Karena yang dihitung sebagai
poin anda adalah poin pada halaman itu dan bukan poin dari homepagenya.
Jadi apakah tidak perlu memasang
backlink jika halaman itu PR0? Tetap perlu. PR0 bukan berarti poin halaman itu
0. Bisa jadi poin halaman itu sebenarnya 0.5 atau berapa saja, jika dibagi
jumlah outbound linknya, dan nilainya masih cukup bagus, maka pasang saja.
Backlink Berkualitas Dari Halaman Dengan Sedikit Outbound Link
Bayangkan jika anda mencari link
dari sebuah halaman yang sudah memiliki 300 link lebih. Itu berarti poin yang
akan dapatkan harus dibagi dengan 300 lebih pembagi. Apakah dibagi rata? Tentu
saja tidak. Itu tergantung lagi di mana posisi dari link anda.
Jadi jika anda mencari link dari
sebuah halaman web, pastikan anda melihat tidak terlalu banyak link pada
halaman itu. Jumlah link yang bisa diterima antara 100-150 link, jika sudah
lebih dari itu maka nilainya akan sangat kecil. Tapi nilai kecil itu tidak akan
jadi masalah jika anda bersedia mencari backlink yang banyak.
Posisi Menentukan Nilai
Nilai sebuah link yang dipasang pada
posisi sebelum artikel lebih baik dari link yang dipasang pada posisi setelah
artikel. Bahkan jika link A berada tepat di atas Link B, sudah akan membuat
nilai link A lebih baik dari nilai link B. Jadi beruntunglah pelaku tukaran
link jika anchor textnya berawalan huruf A. Mereka akan mendapatkan poin lebih
banyak daripada pengguna anchor text berawalan B, C, D, dan seterusnya.
Anchor Text Harus Sesuai Kata Kunci
Tentu saja ini sangat penting dalam
optimisasi SEO anda. Kata kunci dalam anchor text bisa menjadi vote poin yang
sangat bernilai bagi sebuah blog atau website. Begitu kuatnya anchor text ini
sampai sebuah halaman tanpa kata "Mesin Jahit" sekalipun bisa menjadi
juara pada kata "Mesin Jahit" bila puluhan ribu anchor text yang
mengarah ke halaman itu menggunakan kata "Mesin Jahit".
Jadi itulah ciri-ciri backlink berkualitas,
tapi .... simpan saja itu sebagai pengetahuan. Anda tidak akan pernah mempunyai
cukup backlink jika anda memperhitungkan semua faktor di atas. Cari saja
backlink yang banyak dan konsisten setiap hari. Dari sekian banyak backlink
yang anda dapatkan, pasti akan ada beberapa yang cukup berkualitas. Setidaknya
50% dari faktor di atas bisa melekat pada backlink-backlink tersebut.
( Sumber : http://trikmudahseo.blogspot.com
)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar